jump to navigation

SHUHEI NAKAMOTO : “MARQUEZ MENGELUH TAK BISA MENJINAKKAN RC213V 2015 KARENA TERLALU ‘LIAR’ BAGI DIRINYA” June 5, 2015

Posted by Sofyan in Marc Marquez News.
Tags:
trackback

marcMasalah demi masalah kini menghampiri seorang mantan Juara Dunia MotoGP 2 kali dari Tim Pabrikan Honda, Baby Alien… Kiranya kepiawaian, bakat dan nyali seorang Marc Marquez kali ini benar-benar tengah diuji oleh Sang kuda besi pacuan miliknya.

Marquez memang mengatakan, “Jika Anda tidak mengambil risiko, maka Anda tak akan bisa menang”… Tapi dibalik itu, segala risiko yang diambil pada akhirnya akan merugikan dirinya sendiri… Sebagai seorang Juara Dunia 2 kali, harusnya Marquez sudah bisa beradaptasi dengan dirinya sendiri dan bukan dengan tunggangannya.

Seorang rider, boleh dikatakan sebagai ‘Rider Sejati’ jika Ia bisa menjinakkan tunggangannya dan bisa mengalahkan serta meredam emosi dari segala persoalan yang tengah dihadapinya… Sayangnya dalam era MotoGP modern seperti sekarang ini, konteks MotoGP selalu identik dengan kecepatan… Sementara hal yang lebih penting tentang psikologi seorang rider, sudah banyak orang mengesampingkan hal itu.

Seorang Valentino Rossi pernah mengatakan, “Yang bisa mengalahkan Marquez hanyalah dirinya sendiri”… Dan ini terbukti, saat Marquez tengah emosi dan dalam keadaan tertekan, Marquez telah kehilangan konsentrasinya… Ia hanya memikirkan, bagaimana caranya bisa berada di depan tanpa peduli dengan dirinya yang tengah begejolak serta tak peduli dengan kondisi sang kuda besi tunggangannya.

Menurut seorang Legenda hidup MotoGP, Giacomo Agostini, Rider Sejati harus bisa meredam dan mengalahkan emosi yang ada di dalam diri si rider itu sendiri… Dengan demikian Ia bisa men-sinergikan kepiawaian, skill dan nyali-nya terhadap tunggangannya… Dengan sendirinya, si rider akan merasa comfortable saat memacu motornya, walau kondisi motornya tidak dalam keadaan baik.

Walau balapan identik dengan kecepatan, tapi faktor lain lebih penting… Ada rider lain yang punya talent tapi motornya tak bisa kencang justru bisa menang… Ada rider lain yang punya skill dengan kecepatan motornya yang minimum tapi bisa podium… It’s not only about speed.

Terlepas dari itu semua, Honda sebenarnya mempunyai paket motor yang paling sempurna dibandingkan dengan Tim Pabrikan lain… Jika Dani Pedrosa saja bisa enjoy di atas RC213V 2015, lalu ada apa dengan Marc Marquez…??? Apakah ada krisis antara Marquez dengan Honda…???

Ini pengakuan seorang Shuhei Nakamoto selaku Vice Presiden dari HRC tentang hal tersebut… “Iya, Marc mendatangi saya… Ia mengeluh tentang mesin RC213V 2015 yang terlalu agresif… Dia bilang dia tidak bisa mengendalikan motornya seperti yang biasa dia lakukan di musim lalu… Motornya bergerak dan meluncur terlalu kencang saat melakukan pengereman ditikungan sehingga mengakibatkan sliding yang berlebihan… Mengendarai RC213V 2015 ini terlalu menuntut fisik yang sangat kuat setiap kali memasuki tikungan… Hubungan Honda dengan Marc baik, dan diantara kami tak ada krisis sedikitpun… Baik dengan Dani maupun Marc”… Jawab Nakamoto dengan tegas.

Sesuai regulasi MotoGP, mesin yang sudah terdaftar di Dorna, pasti itu sudah Freeze atau sudah tak bisa lagi untuk dikembangkan… Dalam hal ini Honda hanya bisa ‘mengakali’ motor RC213V dengan meng-update Swing-Arm dan Chasis serta komponen elektronik, juga system pengereman… Namun semua hal itu tetap tak bisa membuat seorang Marc Marquez mampu menjinakkan Sang RC213V. [El]

Source : http://www.cycleworld.com/…/crisis-at-honda-racing-and-ma…/…

Comments»

No comments yet — be the first.

Silahkan berkomentar yang santun

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: